Ciri Ciri Sakit Jantung Yang Harus Diketahui

By | November 2, 2016

Ciri Ciri Sakit Jantung Yang Harus Diketahui

Jantung Merupakan Salah Satu Organ Manusia Paling Penting Yang Memiliki Empat Ruang Yang Terletak Dirongga Dada Dibawah Perlindungan Tulang Iga, Sedikit Ke Sebelah Kiri Sternum (Tulang Dada). Mekanisme Kerjanya Mirip Dengan Pompa Untuk Memberikan Tekanan Pada Pembuluh Darah Agar Darah Dapat Senantiasa Mengalir Di Dalam Tubuh. Ukuran Jantung Lebih Kurang Sebesar Genggaman Tangan Kanan.

sakit jantung

Fungsi Jantung

Fungsi Utama Jantung Adalah Menyediakan Oksigen Ke Seluruh Tubuh Dan Membersihkan Tubuh Dari Hasil Metabolisme (Karbondioksida). Jantung Melaksanakan Fungsi Tersebut Dengan Mengumpulkan Darah Yang Kekurangan Oksigen Dari Seluruh Tubuh Dan Memompanya Ke Dalam Paru-Paru, Dimana Darah Akan Mengambil Oksigen Dan Membuang Karbondioksida; Jantung Kemudian Mengumpulkan Darah Yang Kaya Oksigen Dari Paru-Paru Dan Memompanya Ke Jaringan Di Seluruh Tubuh.

Pada Saat Berdenyut, Setiap Ruang Jantung Mengendur Dan Terisi Darah (Disebut Diastol); Selanjutnya Jantung Berkontraksi Dan Memompa Darah Keluar Dari Ruang Jantung (Disebut Sistol). Kedua Atrium Mengendur Dan Berkontraksi Secara Bersamaan, Dan Kedua Ventrikel Juga Mengendur Dan Berkontraksi Secara Bersamaan.

baca juga : Ciri-Ciri Penyakit Radang Usus Yang Harus Diwaspadai

Darah Yang Kehabisan Oksigen Dan Mengandung Banyak Karbondioksida Dari Seluruh Tubuh Mengalir Melalui 2 Vena Besar (Vena Cava) Menuju Ke Dalam Atrium Kanan. Setelah Atrium Kanan Terisi Darah, Dia Akan Mendorong Darah Ke Dalam Ventrikel Kanan.

Darah Dari Ventrikel Kanan Akan Dipompa Melalui Katup Pulmoner Ke Dalam Arteri Pulmonalis, Menuju Ke Paru-Paru. Darah Akan Mengalir Melalui Pembuluh Yang Sangat Kecil (Kapiler) Yang Mengelilingi Kantong Udara Di Paru-Paru, Menyerap Oksigen Dan Melepaskan Karbondioksida Yang Selanjutnya Dihembuskan.

Darah Yang Kaya Akan Oksigen Mengalir Di Dalam Vena Pulmonalis Menuju Ke Atrium Kiri. Peredaran Darah Diantara Bagian Kanan Jantung, Paru-Paru Dan Atrium Kiri Disebut Sirkulasi Pulmoner.

Darah Dalam Atrium Kiri Akan Didorong Ke Dalam Ventrikel Kiri, Yang Selanjutnya Akan Memompa Darah Yang Kaya Akan Oksigen Ini Melewati Katup Aorta Masuk Ke Dalam Aorta (Arteri Terbesar Dalam Tubuh). Darah Kaya Oksigen Ini Disediakan Untuk Seluruh Tubuh, Kecuali Paru-Paru.

Untuk Itu ,  Jika Jantung Manusia Mengalami Masalah Tentunya Akan Memnggagu Aktivitas Manusia Itu Sendiri. Jadi Kita Harus Menjaga Jantung Kita Agar Tidak Sakit Dan Bermasalah , Serta Harus Mengatahui Ciri Ciri Sakit Jantung Agar Anda Bisa Menentukan Apakan Anda Segdang Tekena Sakit Jantung Atu Tidak.

Nah Unutuk Itu Pada Kesempatan Kali Ini Saya Akan Mengshare Ciri Ciri Sakit Jantung Yang Harus Anda Ketahui Agar Anda Dapat Meprediksikan Apakan Anda Terkena Sakit Jantung Atau Tidak. Klik DI SINI untuk cara pengobatan jantung bocor paling ampuh

Berikut Ini Beberap Ciri Ciri Sakit Jantung Yang Harus Di Ketahui.

1) Nyeri Pada Dada, Ini Dikarenakan Otot Dan Jantung Tidak Mendapatkan Pasokan Oksigen Dan Darah Yang Cukup Dan Membuat Jantung Tersebut Menjadi Nyeri. Biasanya Disertai Dengan Rasa Seperti Jantung Diremas-Remas Dan Rasa Sakit.

2) Mengeluarkan Keringat, Mengeluarkan Keringat Padahal Anda Tidak Sedang Melakukan Kegiatan, Umumnya Area Telapak Tangan Yang Sering Keluar Keringat.

3) Merasa Lelah Berlebihan, Merasa Lelah Juga Bisa Menjadi Indikasi Awal Dari Penyakit Jantung Padahal Sebelumnya Anda Tidak Melakukan Aktifitas Fisik Yang Berat Apapun.

4) Sesak Nafas, Karena Kontraksi Otot Jantung Yang Tidak Normal Bisa Berdampak Ke Paru-Paru Sehingga Akan Menyebabkan Anda Sesak Nafas.

5) Jantung Berdebar-Debar, Jantung Yang Berdebar Kencang Tanpa Sebab Rasanya Seperti Habis Melakukan Lari Juga Bisa Disebabkan Karena Gejala Awal Penyakit Jantung.

6) Cemas, Orang Yang Dihinggapi Rasa Cemas Biasanya Memikirkan Kondisi Tubuhnya Tentang Penyakit Tersebut Ada Baiknya Anda Menenangkan Diri Karena Rasa Cemas Justru Akan Menganggu Jantung Anda.

7) Sakit Kepala, Sakit Kepala Pada Gejala Awal Penyakit Jantung Bisanya Sangat Menyakitkan Ini Terjadi Karena Aliran Darah Ke Otak Terganggu Dan Tidak Normal.

8) Nafsu Makan Menurun, Salah Satu Indikasi Dari Penyakit Jantung Adalah Penderitanya Memiliki Nafsu Makan Yang Menurun Drastis Dan Biasanya Juga Disertai Mual Dan Muntah-Muntah.

9) Bagian Tubuh Membengkak, Jika Terdapat Salah Satu Bagian Tubuh Membengkak Tanpa Sebab Anda Wajib Berhati-Hati Segera Lakukanlah Antisipasi.

10) Sakit Dibagian Tubuh, Ini Disebabkan Oleh Aliran Darah Yang Tersumbat Kebagian Tubuh Tersebut Dan Mengakibatkan Sakit .

artikel lainnya : obat herbal paling ampuh

Ini Lah Penyebab Sakit Jantung

Kebiasaan Merokok

Perokok Memiliki Risiko Lebih Tinggi Untuk Mengidap Penyakit Jantung. Karbon Monoksida Dalam Asap Rokok Dan Kandungan Nikotin Pada Rokok Dapat Meningkatkan Risiko Munculnya Gumpalan Darah Serta Memacu Jantung Untuk Bekerja Lebih Cepat Sehingga Akan Makin Membebani Jantung. Senyawa Kimia Lain Dari Asap Rokok Juga Dapat Merusak Dinding Arteri Jantung Yang Akan Memicu Terjadinya Penyempitan. Perokok Mempunyai Risiko 20-25 Persen Lebih Tinggi Untuk Menderita Penyakit Jantung Dibandingkan Mereka Yang Tidak Merokok Sama Sekali.

Pola Hidup Yang Buruk

Risiko Penyakit Jantung Juga Dapat Meningkat Akibat Pola Hidup Yang Tidak Sehat. Misalnya Kurang Berolahraga, Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak, Dan Jarang Mengonsumsi Buah-Buahan Serta Sayur-Sayuran.

Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Kolesterol Terbagi Dalam Dua Jenis, Yaitu Kolesterol Baik (Hdl) Dan Kolesterol Jahat (Ldl). Kolesterol Jahat Mudah Menggumpal Dan Menempel Pada Dinding Pembuluh Darah. Karena Itu, Kadar Ldl Yang Tinggi Dapat Membentuk Plak Yang Menyebabkan Aterosklerosis. Kadar Ldl Yang Normal Dalam Darah Adalah Di Bawah 100 Mg/Dl.

Hipertensi

Anda Akan Dianggap Mengidap Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi Jika Tekanan Darah Anda Di Atas 140/90 Mmhg. Tekanan Darah Yang Tinggi Berarti Jantung Bekerja Lebih Keras Sehingga Jantung Dan Pembuluh Darah Akan Lebih Terbebani. Salah Satu Faktor Pemicu Hipertensi Adalah Konsumsi Makanan Dengan Kadar Garam Yang Tinggi.

Penyakit Diabetes

Diabetes Dapat Menyebabkan Penebalan Pada Dinding Pembuluh Darah Sehingga Berpotensi Menghambat Aliran Darah. Karena Itu, Penderita Diabetes Memiliki Risiko Lebih Tinggi Untuk Mengidap Penyakit Jantung.

Kelebihan Berat Badan

Orang Yang Kelebihan Berat Badan Atau Mengalami Obesitas Berpotensi Mengidap Tekanan Darah Tinggi, Cenderung Memiliki Kadar Kolesterol Yang Lebih Tinggi, Serta Lebih Berisiko Terkena Diabetes Tipe 2. Karena Itu, Mereka Juga Memiliki Risiko Lebih Tinggi Untuk Mengidap Penyakit Jantung. Selain Itu, Untuk Memenuhi Kebutuhan Tubuh Dengan Berat Yang Tinggi, Jantung Harus Bekerja Lebih Keras Dibandingkan Jika Tubuh Berberat Badan Ideal.

Faktor Usia

Makin Tua Usia Seseorang, Makin Tinggi Risikonya Untuk Mengidap Penyakit Jantung.

Jenis Kelamin

Dibandingkan Wanita, Pria Memiliki Risiko Lebih Tinggi Untuk Mengidap Penyakit Jantung. Tetapi Perlu Diingat Bahwa Risiko Penyakit Jantung Pada Wanita Akan Lebih Tinggi Setelah Mengalami Menopause.

Riwayat Kesehatan Keluarga

Jika Memiliki Keluarga Inti Seperti Ayah, Ibu, Adik, Atau Kakak Yang Mengidap Penyakit Jantung, Risiko Anda Untuk Terkena Penyakit Jantung Akan Lebih Tinggi Dibandingkan Orang Yang Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Jantung Dalam Keluarganya.

Ciri Ciri Sakit Jantung Yang Harus Diketahui

Itu Lah Beberapa Ciri Ciri Sakit Pada Jantung , Maka Mulai Dari Sekarang Mari Kita Jaga Dan Lindungi Jantung Kita Agar Tidak Terkana Panyakit Jantung. Mungkin Cukup Sekian Dari Saya . Kita akan sambung lain waktu lagi.

Jika Masih Ada Yang Ditanyakan Anda Bisa Lampirkan Pertanyaan Anda Di Lembar Komen Di Bawah Ini . Terimakasih. Salam Sehat Sejahtara Untuk Anda.

baca juga artikel : obat jantung bocor pada anak dan dewasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *